Kamis, 16 Oktober 2014

TIPS PILATES: MENGENAL PILATES UNTUK PEMULA


Sahabat, jika sebelumnya yoga sempat menjadi trend di kalangan pecinta olahraga, kini Pilates tampaknya juga cukup populer. Tidak hanya jadi alternatif olahraga yang bisa sahabat pilih, Pilates saat ini tengah populer dijadikan sebagai gaya hidup masyarakat modern. Bagaimana cara kerjanya? Mari kita simak.

Pilates Indonesia

Apakah Pilates sama dengan Yoga?
Meski sepintas mirip dengan olahraga Yoga, Pilates tetap memiliki ke khasan tersendiri. Karena untuk bisa melakukan olahraga ini, sahabat perlu melakukan gerakan – gerakan atau alat tertentu.

Gerakan Pilates banyak melatih otot-otot perut, punggung bagian bawah, sekitar panggul, dan bokong (core muscle). Otot-otot yang dilatih bukan hanya otot luar, tetapi juga otot dalam (deep muscle) yang jarang dijadikan fokus latihan senam biasa. Pemberdayaan otot dalam tubuh akan berdampak pada kekuatan dan fleksibilitas otot yang lebih baik.


Bagaimana cara Kerjanya?
Tujuan utama Pilates adalah untuk memperbaiki tulang belakang dan mengatasi masalah-masalah yang mungkin ditimbulkannya.
Dengan semakin berkembangnya Pilates, orang melakukan latihan ini bukan hanya untuk memperbaiki masalah tulang belakang tetapi juga banyak yang bertujuan sebagai gaya hidup. Bahkan, di beberapa negara, sistem latihan ini cukup populer.
Hal ini bisa terjadi, karena Pilates mempunyai efektivitas yang baik bagi banyak orang, termasuk atlet penari, manula, wanita dalam pemulihan setelah melahirkan, dan orang-orang dalam rehabilitasi fisik.
Manfaat lain yang didapat dari Pilates adalah peserta menjadi lebih kuat, ramping, memiliki stamina yang lebih baik dan lebih mudah melakukan aktivitas fisik karena meningkatnya kekuatan otot-otot inti dalam tubuh.

Kenapa Bisa jadi Populer?
Yang membuat orang menyukai pilates adalah karena latihannya sangat fleksibel dan dapat disesuaikan sesuai kondisi seseorang. Modifikasi latihan ini membuatnya lebih menantang bagi setiap orang di tingkat mana pun tetapi tetap aman.

Kenapa Harus Menggunakan Otot?
Yang menjadi dasar dari Pilates adalah meningkatkan kekuatan inti. Yang dimaksud kekuatan inti adalah penguatan otot-otot internal dalam tubuh seperti otot-otot pungung dan tubuh. Saat kekuatan inti meningkat, maka otot-otot ini akan bekerja dengan otot-otot lain yang lebih dangkal untuk melakukan gerakan-gerakan tubuh menjadi lebih baik dan ringan.
Kekuatan inti juga meningkatkan stabilitas dan keseimbangan dalam tubuh. Ini adalah salah satu cara pilates meringankan dan mengatasi masalah nyeri punggung. Jika tulang belakang dalam posisi benar dan stabil maka dapat menahan beban dengan baik sehingga tubuh bisa bergerak dengan efisien dan bebas.


Permasalahan dalam Pilates

Ada sebuah permasalahan yang melingkupi aktivitas Pilates. Untuk sebagian pemula (termasuk saya dulu), gerakan – gerakan yang diajarkan dalam Pilates cukup membuat repot. Pasalnya, gerakan ini sangat banyak melibatkan gerakan otot – otot utama dalam tubuh. Alhasil, di awal kita akan merasa kelelahan, karena tubuh kita sedang berusaha beradaptasi pada gerakan – gerakan Pilates yang kita lakukan.

Tapi Sahabat, ada juga loh latihan Pilates yang tidak membuat capek dan pegal saat dilakukan di awal – awal latihan. Latihan tersebut saya dapatkan di HanaRa Well Being Center yang ada di Jl Gatot Subroto No 68, Bandung.

Latihan yang saya lakukan di kelas Pilates  di Bandung yang dikenal sebagai kelas HanaRa ( Happy Natural Radiant )  itu memang menyenangkan. Dikenal juga sebagai HanaRa Life Energy Pilates. Bukannya kelelahan sehabis latihan, yang saya rasakan malah segar dan badan terasa enteng. Entengnya seolah habis olahraga berat berjam jam, hanya bedanya, di sini sama sekali tidak capai, malah anehnya makin latihan makin berasa segar. Karena gerakan Pilates yang diajarkan disana tidak menguras tenaga, tapi menghimpun tenaga.

Jika Sahabat penasaran, Sahabat bisa cek ke Fanspagenya di Facebook: 
https://www.facebook.com/pages/HanaRa-Life-Energy-Pilates/1513621608875357?sk=likes&ref=page_internal

atau ke www.hanarawellbeingcenter.com.(teks/bbs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar