Kamis, 16 Oktober 2014

Tips Pilates



TIPS PILATES
Apa itu Pilates? Pilates merupakan salah satu cabang olahraga kebugaran yang dikembangkan pada awal abad ke-20. Meskipun demikian, dalam beberapa tahun terakhir, olahraga ini rupanya kembali populer dan diminati banyak orang di seluruh dunia. Seiring dengan popularitas pilates yang terus meningkat, banyak pusat kebugaran yang kini telah membuka kelas pilates yang dipandu oleh instruktur yang berpengalaman. Anda tertarik ikut kelas pilates?

Walaupun pilates kini semakin digemari oleh masyarakat luas, ternyata tidak banyak orang yang paham dan mengetahui seluk beluk tentang olahraga ini. Banyak informasi yang berkembang di masyarakat hanyalah berupa mitos belaka. Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba olahraga pilates ini, ada baiknya Anda menyimak beberapa fakta menarik tentang pilates. Anda penasaran? Yuk kita simak ulasan di bawah ini.

1. Pilates merupakan sistem kebugaran fisik, bukan cabang dari yoga

Saat ini banyak sekali iklan yang beredar di berbagai media yang mengatakan bahwa pilates adalah cabang dari yoga. Padahal, pilates tidak ada kaitannya dengan yoga sama sekali. Pilates adalah jenis olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Pilates, seorang ahli fisika. Dia berkeyakinan bahwa kesehatan mental dan fisik mempunyai hubungan erat dengan Pilates.

2. Pilates membutuhkan gerakan sempurna.

Tahukah Anda bahwa pilates bukanlah olahraga yang sekedar menggerakkan anggota badan dalam gerakan yang berbeda. Dalam pilates, Anda harus melakukan gerakan secara tepat, baru anda mendapatkan manfaat sesungguhnya dari pilates. Tanpa gerakan yang sempurna, anda hanya sekedar berolahraga biasa, bukan pilates. Mungkin hal ini terdengar lucu. Tapi faktanya memang seperti itu. Pilates didasarkan pada keyakinan bahwa cara atau metode latihan yang dilakukan sempurna lebih penting daripada jumlah latihan itu sendiri.

3. Sekarang, sempurnanya pilates anda sudah dapat diukur secara objektif.

Dalam olahraga pilates, Anda dianjurkan menggunakan metode yang tepat agar hasilnya maksimal. Oleh karena itu, pelajari baik baik prinsip berbagai gerakan pilates sebelum memulainya.  Ada beberapa cara mengenali apakah gerakan pilates kita sudah tepat atau belum. Pertama kita bisa mencari referensi tentang gerakan pilates yang tepat dengan membaca buku atau browsing internet, lalu membandingkannya dengn gerakan kita. Jika perlu, Anda bisa mengikuti kelas pilates. Di sana, Anda akan mempelajari gerakan-gerakan pilates dengan dipandu oleh trainer ahli. Guru pilates yang baik akan membantu kita membedakan gerakan yang sempurna dengan yang belum. Yang menarik, belajar pilates berbeda dengan sekedar belajar menari atau olahraga biasa. Ternyata semua gerakan pilates yang sempurna memiliki potensi meningkatkan kesehatan. Di pilates, pilihannya hanya satu, gerakan harus sempurna atau pilates kita menjadi tidak optimal bagi pemulihan  kesehatan.  Di HanaRa Pilates Bandung, Yuli, salah seorang pakar pilates Indonesia dan merupakan trainer senior di sana, dalam salah satu sesi latihannya, menunjukkan melalui kinesiologi, ternyata dapat mempermudah seorang guru pilates menilai sempurna tidaknya gerakan murid muridnya secara objektif. Yaitu dengan mendeteksi menguatnya berbagai titik meridian di berbagai bagian tubuh yang berbeda, yang diaktivasi melalui berbagai gerakan pilates yang berbeda beda.  Ternyata gerakan pilates yang berbeda , akan menguatkan titik meridian yang berbeda pula. Dengan metode unik tapi efektif ini, menurut Yuli, seorang trainer atau guru pilates memiliki senjata tambahan yang sangat mudah diaplikasikan untuk  mencek apakah gerakan pilates murid muridnya sudah sempurna. Karena bila gerakannya belum sempurna, titik meridian yang bersangkutan tidak akan menguat. " Di saat aku ragu sebagai seorang guru pilates, apakah pengamatanku betul dalam menilai sempurnanya gerakan pilates seseorang, teknik ini ternyata sangat membantu karena sangat mudah dan objektivitasnya yang luar biasa."   Melalui berbagai workshop pilates yang diadakan di HanaRa, teknik ini mulai tersebar di kalangan guru guru dan pecinta pilates. HanaRa Life Energy Medicine Center adalah sebuah pusat pelatihan pilates yang berada di kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

4. Tak selalu memerlukan peralatan yang heboh.
Kadang - kadang, kita juga perlu menggunakan peralatan tertentu dalam menunjang berbagai gerakan pilates. Namun jika kita tidak mempunyai peralatan tersebut, kita bisa memakai berbagai peralatan sederhana, seperti meja, kursi, bola elastis, dan sebagainya. Menguasai gerakan dan metode yang tepat lebih penting dibandingkan peralatan yang heboh.

5. Kualitas lebih penting daripada kuantitas

Jika Anda adalah seseorang yang suka melakukan segala sesuatu dengan cara yang benar, pilates adalah pilihan olahraga yang sesuai untuk Anda. Setiap hal dalam pilates, seperti postur, pernapasan, gerakan, jumlah repitisi, dan jumlah energi yang dihabiskan, semuanya harus dilakukan dengan cara yang tepat. Meskipun ada begitu banyak buku dan kaset video tentang pilates yang dijual bebas di pasaran, kami sarankan agar Anda belajar dari seorang instruktur pilates yang berkualifikasi.

6. Contrology adalah nama lain dari Pilates

Saat Joseph Pilates mengembangkan Pilates sebagai sistem kebugaran fisik, ia juga menamainya dengan sebutan Contrology. Dia percaya bahwa siapapun yang berlatih Pilates harus mampu mengontrol setiap gerakannya. Apa manfaatnya? Para ahli mengatakan bahwa pilates berguna untuk meningkatkan pengendalian otot punggung, tungkai dan otot perut.

7. Pernapasan adalah kunci

Dalam pilates, Anda diharuskan melakukan bermacam-macam gerakan lambat serta serangkaian latihan dengan menggunakan teknik pernapasan yang tepat. Jika Anda dapat melakukannya dengan benar, barulah anda mendapatkan manfaat optimal dari pilates termasuk stress release. Dengan kata lain, olah napas adalah kunci penting dari olahraga pilates ini.

8. Pilates dapat dilakukan oleh semua orang

Ada kesalahpahaman umum bahwa Pilates hanya untuk wanita. Faktanya, olahraga ini bisa dilakukan oleh siapapun, baik itu pria maupun wanita. Bahkan, pencipta pilates sendiri adalah seorang pria. Maka dari itu, pilates adalah olahraga yang universal dan untuk semua orang.

9. Manfaat dan Kegunaan Pilates

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik tentang pilates yang perlu Anda ketahui. Adapun manfaat dan kegunaan pilates sangatlah beragam. Selain dapat meningkatkan daya fokus dan konsentrasi, pilates juga berguna untuk meningkatkan fleksibilitas postur badan, kekuatan otot, stabilisasi tulang belakang dan melancarkan meridian tubuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar